Tanaman Obat / Toga Yang Mudah Dijumpai

By | October 24, 2018
  • Ajeran

Ajeran ini sebenarnya tumbuh di sekitar kita seperti di antara rumput, semak-semak atau pagar tanaman hanya saja kita tak tahu khasiatnya sehingga sering mengabaikannya. Manfaat utama ajeran yaitu untuk meredakan demam.

  • Alang alang

Untuk tanaman ini pasti semuanya sudah tahu karena dapat tumbuh dengan mudah di kebun, pekarangan atau tanah lapang. Namun masih belum banyak yang tahu akan khasiat padahal akar alang-alang baik dikonsumsi untuk mengobati penyakit atau sekedar minam penyegar. Karena banyaknya khasiat yang dimiliki alang membuat tanaman ini dijuluki sebagai apotik hidup.

  • Beluntas

Tanaman yang tumbuh secara padat ini baiasanya dimanfaatkan sebagai pagar di tepi-tepi jalan sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Beberapa manfaat daun beluntas diantaranya untuk meredakan nyeri pinggang, mengatasi perut kembung, mengatasi keputihan, mengobati rematik dan menghilangkan bau mulut.

  • Daun jinten

Daun ini dapat ditemui dengan mudah di lingkungan berair seperti sawah dan dapat tumbuh secara liar tanpa perlu ditanam. Daun ini cocok dijadikan sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi beberapa jenis penyakit ringan seperti sakit perut, perut kembung, mengobati ayan, mengatasi sakit kepala, meredakan rematik, mengembalikan daya tahan tubuh setelah menderita sakit dan berguna bagi wanita yang sedang menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu daun jinten ini juga sering dijadikan obat tradisional lainnya namun biasanya hanya orang-orang tertentu yang mengetahui khasiatnya secara menyeluruh.

  • Daun benalu

Daun benalu memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh manusia untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti amandel, nyeri pinggang dan aliran kencing yang tidak lancar. Selain itu daun benalu juga dipercaya mampu mengobati penyakit berat seperti kanker, tumor dan beberapa masalah pada organ pencernaan. Namun sayangnya masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara pengolahannya karena obat-obatan tradisional terdiri dari beberapa jenis tanaman yang disatukan.

  • Daun ceker ayam

Daun ceker ayam merupakan tanaman dari jenis paku-pakuan yang dapat tumbuh secara liar di tempat lembap namun karena tidak banyak yang mengetahui akan khasiatnya maka hanya orang tertentu yang biasanya memanfaatkannya. Padahal daun ceker ayam ini memiliki khasiat yang besar karena mampu membantu dalam mengobati jenis-jenis penyakit yang terbilang berbahaya seperti tonsil, bronkitis, kanker paru-paru, korengan, hepatitis, menghentikan pendarahan dan infeksi saluran kencing. Bagi anda yang sudah mengetahui khasiat daun ceker ayam ini dapat membudidayakan daun ceker ayam di sekitar rumah sebagai tanaman obat keluarga yang sewaktu-waktu dapat berguna.

  • Daun pegagan

Sebbenarnya daun ini sudah dikenal luas di dunia sebagai tanaman obat berkhasiat namun pemanfaatannya di Indonesia yang notabene dapat ditumbuhi daun pegagan dengan mudah masih kurang. Padahal daun ini memiliki beberapa manfaat seperti mempercepat menyembuhkan luka dan berguna sebagai sumber antioksidan.

  • Daun sisik naga

Banyak orang mengira bahwa tanaman ini hanya sebagai parasit namun ternyata tanaman ini bukanlah tanaman parasit malah justru dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga yang parah seperti kanker payudara dan TBC. Beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun naga yaitu rematik, mimisan, disentri dan kencing nanah.

  • Lidah buaya

Lidah buaya tergolong sebagai tanaman obat keluarga seribu guna karena dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang muali dari bidang esehatan, kecantikan hinga industri makanan. Manfaat lidah buaya diantaranya untuk menyuburkan rambut, menyehatkan kulit, meredakan penyakit jantung, mengatasi susah buang air besar dan meredakan berbagai jenis peradangan.

  • Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang dikenal memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Selain manfaat utama tersebut, temulawak masih menyimpan baynak manfaat diantaranya yaitu untuk mengatasi gangguan funsi ginjal, mencegah penyakit jantung dan melancarkan sistem pencernaan.

Tanaman Aobat / Toga Yang Jarang Ditemui

  • Adas

Masih belum banyak yang mengetahui jenis tanaman ini karena tanaman adas masih tumbuh di beberapa daerah seperti Yogyakarta. Tanaman adas ini berguna untuk mengatasi masalah penglihatan, asma dan memperlancar siklus haid.

  • Adem ati

Hampir seluruh bagian tanaman adem ati ini dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti mempercepat menutup luka, radang usus dan kencing manis. Namun sayangnya masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara pengolahannya yang benar

  • Blimbing wuluh

Berbeda dengan belimbing buah, belimbing ini biasanya dimanfaatkan untuk bahan masakan untuk memberi rasa asam pada masakan. Selain berguna dalam bidang kuliner blimbing wuluh ini juga berguna dalam bidang keseehatan karena dapat mengatasi beberapa jenis penyakit seperti sariawan, rematik, pegal linu, sakit gigi dan lain sebagainya. Namun sayangnya masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara pengolahannya yang benar.

  • Cempaka putih

Cempaka putih atau yang juga dikenal dengan nama kantil ini biasanya paling banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan baubadan yang tidak sedap. Selain itu cempaka putih ini memiliki beberapa khasiat untuk mengatasi vertigo, perut kembung, batuk hingga masalah keputihan yang terjadi pada wanita.

  • Daun dewa

Daun yang dijuluki sambung nyowo yang berarti daun penyambung nyowo ini memiliki begitu banyak manfaat layaknya alang-alang namun sayangnya daun ini lebih sulit ditemukan dibanding alang-alang. Manfaat daun dewa diantaranya untuk penetralisir racun, mengatasi wasir dan diabetes.

  • Daun jarak

Walaupun sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat namun saat ini daun jarak semakin sulit ditemukan padahal daun ini memiliki berbagai khasiat diantaranya yaitu mengobati gatal-gatal, bengkak atau masalah kulit lainnya, mengobati perut kembung dan berguna untuk membunuh bakteri atau jamur pada kulit.

  • Kayu manis

Kayu manis sering dimanfaatkan untuk bumbu masakan sebagai penambah cita rasa. Selain berguna sebagai bumbu masakan kayu manis ini dapat mengobati tekanan darah tinggi, batuk dan penyakit tukak lambung.

  • Keji beling

Biasanya kita mendengar nama tanaman ini pada beberapa iklan di televisi, hal ini karena khasiat dari keji beling yang telah terbukti. Beberapa manfaat keji beling diantaranya untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatasi diare, obat alami diabetes dan berguna sebagai obat alami batu ginjal.

  • Kumis kucing

Kumis kucing merupakan salah satu tanman obat populer di Indonesia namun cukup sulit untuk ditemukan. Tanaman ini sering menjadi salah satu bahan ramuan obat tradisional karena memiliki beberapa khasiat diantaranya untuk mengatasi gejala masuk angi, rematik, hipertensi dan asam urat.

  • Sambiloto

20 tanaman obat / toga yang terakhir adalah daun sambiloto yang telah teruji secara klinis memiliki manfaat utama untuk menurunkan kadar gula darah. Namun sayangnya daun sambiloto ini cukup sulit ditemui di beberapa daerah Indonesia. Selain itu daun ini juga bisa digunakan untuk menurunkan demam dan mengatasi sakit perut

 

Sumber : sumbermanfaat.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *